Jenis-jenis Sumber Daya Alam

Jenis-jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang terkandung di bumi ini banyak sekali bentuk dan jenisnya. Baik yang lokasinya berada di wilayah daratan (sumber daya alam terstrial) maupun perairan (sumber daya akuatik)
Berdasarkan kemungkinan pemulihannya, sumber daya alam dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:
Sumber daya alam yang seantiasa tersedia di alam (sustainable resource)

1. Sumber daya alam yang seantiasa tersedia di alam (sustainable resource), senantiasa ada dan tidak pernah habis. Hal ini terjadi karena mengalami siklus sepanjang masa, seperti energi sinar matahari, udara, energi pasang surut air laut, dan sumber daya air
Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resource)

2. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resource), yaitu jenis sumber daya alam jika persediannya habis, dalam waktu tidak terlalu lama dan relative mudah dapat tersedia kembali melalui reproduksi atau pengembangbiakan. Termasuk ke dalam jenis ini adalah semua hewan dan tumbuhan.
Sumber daya alam yang tidak dapat pulih atau diperbarui (non renewable resource)

3. Sumber daya alam yang tidak dapat pulih atau diperbarui (non renewable resource), yaitu jenis sumber daya alam yang jika persediannya habis, sangat  sulit bahkan tidak mungkin untuk menyediakannya kembali, karena membutuhkan waktu yang sangat lama (ribuan bahkan jutaan tahun), itupun jika kondisi lingkungannya memungkinkan. Semua barang-barang tambang termasuk ke dalam jenis sumber daya alam ini.

Sumber daya alam juga dapat dikelompokkan berdasarkan sifatnya, yaitu sumber daya alam fisik (abiotic) dan hayati (biotik). Sumber daya alam abiotic yaitu semua kekayaan alam bukan makhluk hidup, sumber daya alam biotik merupakan makhluk hidup
Previous
Next Post »