Peranan Uang dalam Masyarakat

Peranan Uang dalam Masyarakat

Keberadaan uang sangat berguna dalam kehidupan masyarakat. Uang bermanfaat dalam mendorong, memperlancar, dan meningkatkan kegiatan ekonomi. Adapun pernan uang adalah sebagai berikut:

a.Alat tukar
Uang dapat digunakan untuk memperlancar tukar-menukar. Kesulitan barter dapat diatasi dengan adanya uang yang beredar di masyarakat. Dengan sejumlah uang yang mencukupi, orang dapat memperoleh berbagai jenis benda dan jasa yang dikehendakinya. Pedagan menerima uang dari hasil penjualan benda dan jasanya, yang dapat dibelikan kembali dengan barang dagangan yang baru.

b.Alat satuan hitung
Dengan uang, setiap benda dan jasa dapat dihitung satuan nilainya. Hal itu dapat dilakukan dengan jalan menghitung berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan barang dan jasa tersebut.

c.Alat pembayaran yang sah
Setiap Negara memiliki uang kartal sebagai alat tukar dan alat bayar. Semua orang harus menerima keberadaan mata uang yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tidak dibenarkan penduduk Negara yang bersangkutan menolak alat pembayaran yang sah.

d.Alat penyimpan nilai
Kekayaan berupa uang dapat disimpan di bank, baik berupa tabungan maupun deposito. Menyimpan uang di bank lebih aman daripada menyimpan uang di rumah. Bila menyimpan di rumah, ada kemungkinan hilang, dicuri, dan terbakar. Sementara itu, bila hal itu terjadi di bank maka bank akan bertanggung jawab dan menggantinya.

e.Alat pemindah kekayaan
Kekayaan yang berupa tanah, gedung, kebun dan pepohinan dapat dipindahkan oleh pemiliknya ke desa tempat kelahirannya dengan menggunakan uang. Artinya semua kekayaan dapat dijual dan dapat dibelikan lagi dengan harta di tempat yang baru.

f. Alat standar pembayaran di masa mendatang
Apabila harga-harga stabil, nilai rupiah menguat, dan keamaan terjamin maka investor dari dalam maupun luar negeri akan tertarik menanamkan modalnya di Indonesia.
Previous
Next Post »