Pengertian Perusahaan Multinasional

Perusahaan Multinasional

Perusahaan Multinasional (Multinational Corparation) adalah Perusahaan yang memproduksi dan menjual produknya di dua negara atau lebih, sehingga dalam aktivitas utamanya melibatkan lebih dari dua mata uang yang berbeda.

Kenapa gambar pada postingan kali ini adalah motor? ya karena banyak sekali perusahaan multinasional yang berada di Indonesia dan bergerak di bidang otomotif. Hampir sebagian besar pabrik otomotif adalah perusahaan multinasional

Pada umumnya perusahaan multinasional memiliki kantor pusat di suatu negara dan didukung oleh beberapa anak perusahaan di beberapa negara. Diantara anak perusahaan dan kantor pusatnya dihubungkan dengan sarana telekomunikasi yang canggih guna menjamin integrasi operasi secara efektif dan efisien.

Perkembangan sarana dan teknologi komunikasi sangat besar peranannya dalam terciptanya perusahaan multinasional, sepuluh tahun yang lalu suatu kejadian disuatu tempat tidak dapat sisaksikan pada saat yang sama oleh manusia dibelahan bumi lain, tetapi kini dunia menjadi terasa sangat kecil. Contoh dengan adanya perkembangan sarana dan teknologi misalnya adalah perusahaan multinasional pembuatan mobil yang didukung oleh beberapa anak perusahaan dan ratusan perusahaan lain sebagai penyedia suku cadang bukan utama. Dengan teknologi informasi yang demikian maju, berbagai fasilitas diberbagai negara dapat diintegrasikan secara baik untuk menjamin ketepatan produksi dan kualitas produk. Pengujian mutu tidak lagi dilakukan diakhir proses, melainkan dilakukan diawal proses sejak komponen mobil dibuat dan selama proses produksi hingga komponen tersebut berada dilokasi perakitan. Keseluruhan proses itu dilakukan secara computerized sehingga dapat dijamin ketepatan dan kualitas produknya.

Enterprenuership atau kewirausahaan menjadi modal utama dalam perdagangan internasional. Penciptaan nilai tambah dapat dilakukan oleh orang-orang yang memang memiliki kewirausahaan dengan memanfaatkan peluang yang ada.

Pemanfaatan teknologi komunikasi yang maju seperti internet dan electronic commerce atau pemasaran berbasis elektronik kini memberikan keunggulan tersendiri. Perusahaan multinasional dapat memanfaatkan multi media dan internet untuk memasarkan produknya keseluruh dunia. Pembeli di belahan bumi lain dapat memperoleh informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan multinasional tanpa dipengaruhi oleh ruang dan waktu.

Latest
Previous
Next Post »