Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna

Pembentukan harga pada pasar barang erat kaitannya dengan struktur pasar. Struktur pasar akan menentukan pasar menentukan penggolongan bentuk pasar yang didasarkan pada ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar tersebut.

Pasar persaingan sempurna adalah suatu struktur yang didalamnya terdapat banyak pembeli dan banyak penjual, dan masing-masing pembeli dan penjual tidak dapat mempengaruhi harga. Perusahaan yang masuk ke pasar ini dapat bersaing secara sempurna. Akibatnya, tidak ada satupun perusahaan yang dapat menjadi penentu harga (price setter), tetapi mereka hanya dapat menjadi pengambil harga (Price Taker). Keadaan ini mengandung arti bahwa tidak ada yang menjadi pengendali harga (price leader) dalam pasar persaingan sempurna.

Setiap bentuk pasar mempunyai ciri-ciri sendiri. Pasar persaingan sempurna mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.Semua pembeli yang masuk ke pasar mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan pasar. Mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku sehingga perusahaan-perusahaan tidak dapat menjual harga barangnya lebih tinggi dari harga yang ada di pasar
2.Dalam pasar terdapat banyak penjual, sekiranya ada penjual yang menaikkan atau menurunkan harga maka tindakannya itu tidak akan mempengaruhi harga yang sedang berlaku di pasar karena jumlah barang yang ditawarkannya di pasar sangat sedikit bila dibandingkan dengan seluruh barang yang ditawarkan di pasar.
3.Jenis barang yang diawarkan di pasar sifatnnya homogen atau sejenis
Previous
Next Post »