Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Marketing Mix

Marketing mix (bauran pemasaran) adalah suatu instrumen dalam sebuah pemasaran yang digunakan dalam memasarkan produk. Di dalam marketing mix terdapat 4 variabel yang paling banyak dikenal oleh masyarakat luas. Variabel tersebut sering disenut sebagai 4p marketing mix. 4P terdiri dari: Price, Product, Promotion, Place. 

1. Price (Harga)
Harga merupakan salah satu instrumen paling penting ketika kita akan memasarkan produk. Harga sebagai acuan berapa kita akan mendapatkan keuntungan.

2. Product (Produk)
Produk merupakan barang yang akan dijual oleh pemasar. produk memiliki karakteristik yang banyak dan masuk kedalam product knowledge. Product knowledge terdiri dari 11 karakteristik

3. Promotion (promosi)
Promosi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh pemasar dalam menarik konsumennya. Misalnya saja dengan melakukan diskon, potongan harga, beli 1 gratis 1 dan masih banyak promosi - promosi lainnya

4. Place (Tempat)
Tempat berkaitan degan dimana seorang pemasar akan memasarkan produknya. Dalam memilih tempat harus dilakukan sebuah riset pemasaran agar hasil dikemudian hari mnjadi maksimal.

Sekian dulu postingan kali ini. kita berjumpa lagi dilain kesempatan.
Previous
Next Post »