Bentuk-bentuk Perilaku Menyimpang

Perilaku Menyimpang

Secara garis besar perilaku menyimpang dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu 1) Penyimpangan individual (individual deviation) dan 2) Penyimpangan berkelompok (group deviation)

1. Penyimpangan Individual (individual Deviation)
Penyimpangan individual merupakan suaru penyimpangan yang bersifat individual, yakni dilakukan secara perorangan. Penyimpangan individual terjadi mana kala seseorang tidak lagi menerima system nilai dan system norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat di mana seseorang tersebut berada. Banyak sekali perilaku menyimpang yang dilakukan secara individual, contoh: pelecehan seksual, penipuan, penodongan, begal dan lain lain.
2. Penyimpangan Kelompok (Group Deviation)
Berbeda dengan penyimpangan individual, penyimpangan kelompok merupakan suatu penyimpangan yang dilakukan oleh sekelompok orang di dalam kehidupan sehari-hari kita serig mendengar berita tentang perilaku menyimpang yang dilakukan oleh sekelompok orang, seperti: penjarahaan, penyelundupan dan pengedaran narkoba. Dewasa ini banyak tindakan kejahatan yang dilakukan secara terorganisasi oleh sekelompok orang. Mereka bekerja secara sistematis dan rapi sehingga sulit untuk dilacak.

Pada dasarnya penyimpangan merupakan masalah mental yang harus secepatnya  ditangani dengan melakukan pendidikan mental dan kepribadian. Agar memeperoleh hasil yang maksimal, perlu saling kerja sama antara keluarga, sekolah, masyarakat, dan lembaga- lembaga keagamaan untuk bahu membahu dalam mengatasi permasalahan perilaku menyimpang seperti yang dijelaskan di atas.


Previous
Next Post »