Pengertian Perilaku Menyimpang


Beberapa pakar telah mencoba menganalisis penyimpangan tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmu sosiologi, misalnya Robert M.Z. Lawang. Lawang mengatakan bahwa perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu system social dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dari system itu untuk memperbaiki perilkau yang menyimpang tersebut. Selain itu, James W. Van der Zanden mengatakan bahwa penyimpangan merupakan sebuah perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebaga hal yang tercela dan berada di luar batas toleransi.

Di tengah-tengah masyarakat telah tercipta system nilai dan system norma yang mengatur peri kehidupan bersama. Akan tetapi ada saja sebagian orang yang berperilaku menyimpang, yakni mereka yang tidak berhasil meyesuaikan diri dengan system nilai dan system norma sebagaimana yang berlaku dalam kehidupan masyarkat tersebut. Dengan demikian system nilai dan system norma menjadi standar, apakah seseorang berperilaku menyimpang atau tidak.

Sistem nilai dan system norma yang berkembang pada suatu masyarakat tentu tidak selalu sama dengan system nilai dan system norma yang berkembang pada masyarakat lainnya. Di negara Belanda misalnya seks bebas dianggap perbuatan yang wajar dan baik-baik saja. Sebaliknya, perilaku seksual di luar nikah merupakan perbuatan zina yang melanggar system nilai dan system norma yang berlaku di Indonesia. Dalam kehidupan nyata kita dapat menyaksikan betapa seringnya terjadi kejadian-kejadian yang merugikan sebagai akibta dari perilaku menyimpang yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang.
Previous
Next Post »