Pengertian Fungsi Produksi

Hubungan teknik antara faktor produksi (input) dengan hasil produksi (output) disebut fungsi produksi. Faktor produksi merupakan hal yang mutlak dalam proses produksi karena tanpa faktor produksi, kegiatan produksi tidak dapat berjalan. Fungsi produksi menggambarkan teknologi yang dipakai oleh suatu perusahaan, industri, atau suatu perekonomian secara keseluruhan. Bila digambarkan dalam bentuk skema, terlihat seperti berikut ini:
Fungsi Produksi


Secara umum, fungsi produksi menunjukkan bahwa jumlah barang produksi tergantung pada jumlah faktor produksi yang digunakan. Jadi, factor produksi merupakan variabel tidak bebas, sedangkan hasil produksi merupakan variabel bebas. Fungsi produksi dapat ditulis secara matematis berikut ini.
Fungsi Produksi

Dimana: q = quantity (jumlah barang yang dihasilkan)
f =function (simbol persamaan)
L =labour (tenaga kerja)
R =resources (kekayaan alam)
C =capital (modal)
T =technology (teknologi)
Contohnya, untuk membuat kemeja dapat melalui berbagai cara. Namun apabila salah satu dari kombinasi
inputnya diubah maka hasilnya juga akan berubah. Lain halnya, jika kombinasi input yang diubah diganti dengan kombinasi input yang lain, maka outputnya dapat tetap sama. Misalnya, penambahan tenaga kerja dan penurunan mesin atau lainnya. Perhatikan contoh kombinasi input untuk membuat output (kemeja) berikut ini.
Fungsi Produksi

Berikut ini gambar kurva gambar dari tabel diatas:
Fungsi Produksi

Dari persamaan fungsi produksi secara matematis, pada dasarnya besar kecilnya tingkat produksi suatu barang tergantung pada jumlah modal, tenaga kerja, kekayaan alam, dan tingkat teknologi yang digunakan. Jumlah produksi yang berbeda-beda tentunya memerlukan faktor produksi yang berbeda-beda pula, tetapi ada juga jumlah produksi yang tidak sama dihasilkan oleh faktor produksi yang dianggap tetap. Faktor produksi tersebut adalah modal, mesin, peralatan, serta bangunan perusahaan. Sedangkan faktor produksi yang mengalami perubahan adalah tenaga kerja. Dengan membandingkan berbagai gabungan faktor-faktor produksi untuk Menghasilkan sejumlah barang tertentu dapatlah ditentukan gabungan faktor Produksi yang paling ekonomis untuk memproduksi sejumlah barang tersebut.

Previous
Next Post »